Home / Uncategorised / Mahasiswa Fikkes Unimus Ikuti Capping Day dan Kuliah Umum

Mahasiswa Fikkes Unimus Ikuti Capping Day dan Kuliah Umum

 

Prosesi ucap janji mahasiswa

Prosesi ucap janji mahasiswa

Semarang │(12/4/2017) Sejumlah 248 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang terdiri dari 123 mahasiswa D III keperawatan, 93 mahasiswa S1 keperawatan dan 32 mahasiswa D III kebidanan mengikuti kegiatan Capping Day (Ucap janji) dan kuliah umum dengan tema “Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan menjaga keamanan pasien dan tenaga kesehatan yang beretika”. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd), Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Dr. Budi Santosa., M.Si.Med), Ketua dan Sekretaris Program Studi di Fikkes Unimus, dan undangan dari perwakilan PPNI, Ketua IBI Jawa Tengah, perwakilan dari RS di Kota Samaran serta orang tua mahasiswa. Rektor Unimus dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ucap janji menjadi langkah awal mahasiswa untuk terjun langsung di masyarakat. “Saat praktek di klinik nanti mahasiswa akan berhadapan langsung dengan masyarakat, jangan lupa ketika bertugas jangan meninggalkan nilai keislaman dan keagamaan” papar Rektor.

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan

Dalam kegiatan Capping day dilakukan prosesi ucap janji, mahasiswa membacakan janji yang berisi kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditepati oleh mahasiswa dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan penutup kepala / cap (bagi mahasiswa perempuan) dan pemasangan pin secara simbolis oleh ketua program studi. Kegiatan prosesi ucap janji di lanjutkan dengan kuliah umum dengan topik “keselamatan pasien” disampaikan oleh Ns. Nur Hasyim Auladi., S.Kep dari RSUP Dr. Kariadi Semarang. Dalam kuliahnya beliau menyampaikan bahwa pemberi pelayanan kesehatan dituntut untuk memahami tentang keselamatan pasien dalam memberikan layanan kepada pasien. Topik kedua tentang disampaikan oleh Dr. Tri Hartiti., SKM., M.Kes dosen sekaligus wakil Dekan I Fikkes Unimus yang memberikan materi tentang pentingnya soft skill bagi perawat dan bidan dalam memberikan pelayanan pada pasien dan masyarakat. Mahasiswa antusias dan interest dengan materi yang disampaikan karena memberikan gambaran langsung tentang standar keselamatan pasien dan bagaimana soft skill tenaga kesehatan yang baik.

Kegiatan ucap janji dan kuliah umum ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Program Studi Keperawatan dan Kebidanan dalam rangka menghantarkan mahasiswa memasuki lahan praktik. Capping day merupakan titik awal mahasiswa keperawatan dan kebidanan menapaki tahapan berikutnya praktik klinik di berbagai institusi kesehatan. Melalui kegiatan ini Unimus berharap kelak dapat mencetak perawat dan bidan profesional yang unggul dalam keilmuan, ketrampilan dan keislaman.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com