Home / Uncategorised / Mahasiswa Teknologi Pangan Fikkes Unimus Borong Juara Lomba Kreativitas Teknologi Pangan

Mahasiswa Teknologi Pangan Fikkes Unimus Borong Juara Lomba Kreativitas Teknologi Pangan

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri menyerahkan piala pada juara 1 tim mahasiwa Teknologi Pangan Unimus

Grobogan │(17/05/2017) “Cipta Tepung Komposit Berbasis Bahan Lokal Menju Usaha Kreatif 2017”, menjadi tema dalam lomba kreativtas teknologi pangan tingkat pelajar dan mahasiswa se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Techno Park Pangan Grobogan Pusat Teknologi Agroindustri Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta. Lomba di selenggarakan di Pendopo Kabupaten Grobogan.

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri Dr. Hardaning Pranamuda, M.Sc, menyatakan lomba bertujuan untuk menggali kreativitas dan inovasi pelajar dan mahasiswa dalam bidang teknologi pangan dengan menciptakan produk tepung komposit berbasis bahan lokal. Jagung, singkong, kedelai dan garut menjadi bahan utama yang dipersyaratkan dalam lomba tersebut, bahan-bahan tersebut menjadi unggulan Kabupaten Grobogan. Diharapkan inovasi tersebut dapat meningkatkan mutu tepung dengan karkteristik sensori yang tinggi, bernilai ekonomi sehingga mampu bersaing di pasar.

Lomba diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari 6 Universitas (UNIMUS, UNIKA, PGRI SEMARANG, USM, UNDIP, UNSOED)  dan 2 SMK (SMK Kimia Industri Theresiana dan SMK Widya Praja Ungaran).  Lomba terdiri dari 2 tahap, yaitu seleksi proposal karya cipta, dan final lomba. Final lomba diselenggarakan dengan penilaian langsung terhadap roduk karya cipta yang didemonstrasikan pengolahannya di arena lomba. Kreasi tepung bakery dipilih oleh mahasiswa Teknologi Pangan Unimus, untuk dipersiapkan dalam perlombaan.

Kerja keras 2 tim Prodi Teknologi Pangan Unimus tidak sia-sia.  Tim pertama yang beranggotakan Iis Istiqomah dan Indah Tri Minarni dengan pembimbing Siti Aminah, S.TP, M.Si mengangkat produk CHOCOLANG (singkatan dari Chocochips Pelangi), sedang tim kedua beranggotakan Irma Fitriana Ardi K dan Mita Aprilia Arrofi dengan pembimbing Ir. Wikanastri Hersoelistyorini M.T. mengangkat produk GARKIES (garut cookies). Kriteria Penilaian pada lomba yaitu penilaian proposal khusus mahasiswa dititikberatkan aspek ilmiah (karakteristik sifat fisio kimia produk dan penentuan mutu), aspek kreativitas, aspek ekonomis, aplikatif dan memenuhi penulisan proposal.

 

Produk “CHOCOLANG” , membuat para juri “kesengsem” dengan lembutnya tekstur cookies dan paduan rasa yang  pas, sehingga mendapatkan juara 1, sedang produk GARKIES yang  sangat krispi mendapatkan juara harapan 3.  Masing-masing pemenang mendapatkan piala, dan uang Rp. 5.000.000 (juara 1), uang Rp 1.500.000 (juara harapan 3) serta produk dari Techno Part.  Iis Istiqomah dan Irma Fitriana yakin produk ini  berpeluang besar untuk dikembangkan menjadi  produk lokal yang bernilai ekonomi tinggi dan diminati oleh masyaakat. Evaluasi gizi serta karakteristik sensori yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang  baik, bernilai jual dan diminati oleh masyarakat. Produk kreasi mahasiswa diharapkan dapat  memaksimalkan potensi sumber daya alam dan dapat dijadikan icon produk daerah Kabupaten Grobogan, ungkap panitia lomba pada saat pengumuman pemenang.

 

Karya inovatif ini akan diikuti oleh karya-karya inovatif lain yang tidak kalah menarik oleh mahasiswa-mahasiwa lain dari Prodi Teknologi Pangan, sehingga dapat lebih banyak mendayagunakan bahan pangan lokal, untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor, harapan dari Ka. Prodi Teknologi Pangan Unimus Dr. Nurhidajah, M.Si, yang selalu mendorong mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi.

About admin

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com