Category Archives: Uncategorised

Keperawatan Unimus Gelar Klinik Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi

BERITA BY HUMAS UNIMUS

Semarang – Program studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menggelar Article Clinic Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi pada Jumat (27/08/2021) dengan tema “The Effective Publication Strategies at The International Reputable Scientific Journals”. Hal ini diselenggarakan mengingat pembuatan publikasi jurnal internasional bereputasi menjadi hal penting bagi akademisi khususnya dosen guna membangun budaya akademik yang baik serta mengasah critical thingking melalui riset, analisis, teknik penulisan ilmiah serta kajian yang baik dan benar.

Digelar secara daring, acara menghadirkan beberapa narasumber seperti Ns. Tantut Susanto, M.Kep., Sp.Kep. Kom, Ph.D (Universitas Jember – Indonesia) dengan paparan materi “How to Prepare a Qualitative Research Manuscript”; Ns. Ferry Efendi, M.Sc., Ph.D (Universitas Airlangga – Indonesia) dengan materi “How to Prepare a Systematic Review, Literature Review, Meta- Analysis, Critical Review Manuscript”; dilanjutkan dengan Prof. Dr. Sandeep Poddar, Ph.D (Lincoln University College, Malaysia) dengan materi “How to Prepare a Quantitative-Experiment Research Manuscript”; Prof. Whei Mei Jean Shih, Ph.D (Chang Gung University os Science and Technology, Taiwan) dengan materi “How to Prepare a Non Quantitative Experiment Research Manuscript”; serta Ju Han Liu, Ph.D RN (National Taipei University of Nursing and Health Sciences – Taiwan) dengan paparan materi terkait “How to Select a Journal Target and Submission Procedure (conparison : WoS, SCI, SSCI, Scopus”.

Sebanyak 3067 Mahasiswa Baru Unimus Dilantik Rektor Pada Pembukaan Masta Pmb Unimus Tahun 2021/2022

Semarang | dibawah persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) memiliki tekad menjadi universitas yang tumbuh dan berkembang menjadi universitas yang Unggul, Berkarakter, Berbasis Teknologi, dan berwawasan Intersnasional. Maka dari itu Unimus terus berupaya dan bekerja keras untuk mewujudkan visi besar tersebut. Salah satu langkah untuk mewujudkan visi besar tersebut adalah dengan mencapainya target perolehan mahasiswa baru dalam setiap tahun ajaran baru.

Dari Penerimaan Mahasiswa Baru yang sudah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun, maka pada senin (6/9/2021) Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) melantik sebanyak 3067 Mahasiswa Baru dalam kegiatan Rapat Terbuka Senat dan Pembukaan Masa Ta’aruf Mahasiswa baru tahun 2021/2022, terdiri dari 34 Mahasiswa Baru Program Magister ({asca Sarjana), 242 Program Profesi, 2022  Program Sarjana (S1), 327 Program Diploma IV (D4) dan 329 Program Diploma III (D3) yang tersebar di 28 Program studi di 8 Fakultas yang ada di Unimus. Dan juga menerima sebanyak 48 peserta pertukaran pelajar dari luar pulau Jawa  Mahasiswa Merdeka dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kegiatan Pembukaan Masta PMB tahun 2021 tersebut dilaksanakan secara Daring dan Luring atau biasa disebut dengan istilah Hybrid, dimana ada beberapa perwakilan Mahasiswa di setiap prodi yang mengikuti kegiatan secara offline dan yang lainnya secara online melalui aplikasi Zoom dan Streaming Youtube. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) sekaligus sebagai ketua Senat, para Wakil Rektor dan  anggota senan, unsur pimpinan Perwakilan Fakultas, Sekretaris Senat,dan  Dosen dilingkungan Unimus. Penerimaan Mahasiswa Brau tersebut ditandai dengan pemakainan jas Almamater kampus dan Jas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyan (IMM) Unimus yang disematkan oleh Rektor kepada perwakilan Mahasiswa baru.

“Satu Setengah Tahun lebih Pandemi memapar  kehidupan masyarakat Indonesia yang menjadikan gerak aktifitas menjadi sangat terbatas, mulai dari pertemuan yang dibatasi baik perkuliahan maupun kegiatan lainnya dan harus taat protokol Kesehatan secara ketat, akan tetapi kita harus tetap bisa melakukan aktifitas dengan adaptasi dan antisipasi untuk hidup berdampingan dengan covid – 19 dalam melakukan aktifitas dan meraih prestasi” kata Rektor dalam memberikan Smabutan dan sekaligus membuka acara.

Selain itu Rektor juga menyampaikan kuliah di Unimus, Mahasiswa akan dibina dan didiidik oleh para tenaga pengajar atau Dosen Profesional dengan keahlian masing- masing sesuai dengan bidang yang diambil oleh Mahasiswa, untuk menghantarkan Mahasiswa meraih cita – cita menjadi seorang Diploma, Sarjana dan Magister.  Di kampus Unimus Mahasiswa tidak hanya diajarkan tentang perkuliah akademik saja, melainkan belajar berorganisasi, dilatih Memimpin dan dipimpin didalam Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Kampus Unimus.

Dalam sambutannya Rektor juga menyebutkan disamping sudah ada 28 Program Studi yang sudah berdiri, untuk kedepannya akan dibuka sebanyak 15 Prodi baru yang terdiri dari 12 Prodi Program Sarjana, dan 3 Program Pasca Sarjana diantaranta S2 Manajemen, S2 Kesehatan Masyarakat, dan S2 Teknik Mesin. Dan untuk tetap memberikan layanan kepada Masyarakat luar Pendaftaran Mahasiswa Baru Unimus masih terus dibuka sampai 30 September 2021.

Tingkatkan Keunggulan dan Kompetensi Lulusan, Prodi Profesi Ners Gelar Pelatihan BT & CLS

Semarang – Sebagai tenaga kesehatan yang berada di garda depan dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19, profesi perawat dituntut untuk selalu meningkatkan ilmu pengetahuan dan kompetensi agar dapat selaras dengan kebutuhan pelayanan kesehatan saat ini. Pengetahuan dan skill perawat yang berhubungan dengan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT & CLS) juga menjadi salah satu prasyarat yang harus dimiliki. Hal tersebut yang melatarbelakangi program studi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) untuk membekali mahasiswa dengan pelatihan BT & CLS yang di buka pada Kamis (2/09/2021).

Bertempat di Gedung NRC Unimus, pembukaan dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat serta diikuti oleh 35 peserta dari mahasiswa Prodi Ners dengan menghadirkan trainer dari tim Ambulan Gawat Darurat (AGD) 118 Jakarta.  “Alhamdulillah teman-teman masih diberikan kesehatan untuk mengikuti kegiatan BT & CLS selama 5 hari kedepan. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan skill dari mahasiswa dimana kedepannya ketika bekerja dibutuhkan sertifikat-sertifikat yang berhubungan dengan kompetensi, “ ungkap Ns. Mariyam, S.Kep., M.Kep., Sp.An selaku Sekprodi Ners.

Peserta training akan mendapatkan materi tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Bantuan Hidup Dasar, Initial assesment, stabilisasi airway dan breathing, penatalaksanaan kegawatan kardiovaskuler, Elektro Kardio Grafi (EKG), Resusitasi Jantung Paru (RJP), DC Shock,  penatalaksanaan trauma dan fraktur, manajemen syok dan keracunan, serta tabilisasi musculoskeletal dan Spinal Cord. Kegiatan pelatihan meliputi perkuliahan kelas, diskusi, praktikum dan evaluasi (tulis dan praktek) serta simulasi manajemen bencana.

Mahasiswa Teknologi Pangan Fikkes Unimus Borong Juara Lomba Kreativitas Teknologi Pangan

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri menyerahkan piala pada juara 1 tim mahasiwa Teknologi Pangan Unimus

Grobogan │(17/05/2017) “Cipta Tepung Komposit Berbasis Bahan Lokal Menju Usaha Kreatif 2017”, menjadi tema dalam lomba kreativtas teknologi pangan tingkat pelajar dan mahasiswa se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Techno Park Pangan Grobogan Pusat Teknologi Agroindustri Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta. Lomba di selenggarakan di Pendopo Kabupaten Grobogan.

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri Dr. Hardaning Pranamuda, M.Sc, menyatakan lomba bertujuan untuk menggali kreativitas dan inovasi pelajar dan mahasiswa dalam bidang teknologi pangan dengan menciptakan produk tepung komposit berbasis bahan lokal. Jagung, singkong, kedelai dan garut menjadi bahan utama yang dipersyaratkan dalam lomba tersebut, bahan-bahan tersebut menjadi unggulan Kabupaten Grobogan. Diharapkan inovasi tersebut dapat meningkatkan mutu tepung dengan karkteristik sensori yang tinggi, bernilai ekonomi sehingga mampu bersaing di pasar.

Lomba diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari 6 Universitas (UNIMUS, UNIKA, PGRI SEMARANG, USM, UNDIP, UNSOED)  dan 2 SMK (SMK Kimia Industri Theresiana dan SMK Widya Praja Ungaran).  Lomba terdiri dari 2 tahap, yaitu seleksi proposal karya cipta, dan final lomba. Final lomba diselenggarakan dengan penilaian langsung terhadap roduk karya cipta yang didemonstrasikan pengolahannya di arena lomba. Kreasi tepung bakery dipilih oleh mahasiswa Teknologi Pangan Unimus, untuk dipersiapkan dalam perlombaan.

Kerja keras 2 tim Prodi Teknologi Pangan Unimus tidak sia-sia.  Tim pertama yang beranggotakan Iis Istiqomah dan Indah Tri Minarni dengan pembimbing Siti Aminah, S.TP, M.Si mengangkat produk CHOCOLANG (singkatan dari Chocochips Pelangi), sedang tim kedua beranggotakan Irma Fitriana Ardi K dan Mita Aprilia Arrofi dengan pembimbing Ir. Wikanastri Hersoelistyorini M.T. mengangkat produk GARKIES (garut cookies). Kriteria Penilaian pada lomba yaitu penilaian proposal khusus mahasiswa dititikberatkan aspek ilmiah (karakteristik sifat fisio kimia produk dan penentuan mutu), aspek kreativitas, aspek ekonomis, aplikatif dan memenuhi penulisan proposal.

 

Produk “CHOCOLANG” , membuat para juri “kesengsem” dengan lembutnya tekstur cookies dan paduan rasa yang  pas, sehingga mendapatkan juara 1, sedang produk GARKIES yang  sangat krispi mendapatkan juara harapan 3.  Masing-masing pemenang mendapatkan piala, dan uang Rp. 5.000.000 (juara 1), uang Rp 1.500.000 (juara harapan 3) serta produk dari Techno Part.  Iis Istiqomah dan Irma Fitriana yakin produk ini  berpeluang besar untuk dikembangkan menjadi  produk lokal yang bernilai ekonomi tinggi dan diminati oleh masyaakat. Evaluasi gizi serta karakteristik sensori yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang  baik, bernilai jual dan diminati oleh masyarakat. Produk kreasi mahasiswa diharapkan dapat  memaksimalkan potensi sumber daya alam dan dapat dijadikan icon produk daerah Kabupaten Grobogan, ungkap panitia lomba pada saat pengumuman pemenang.

 

Karya inovatif ini akan diikuti oleh karya-karya inovatif lain yang tidak kalah menarik oleh mahasiswa-mahasiwa lain dari Prodi Teknologi Pangan, sehingga dapat lebih banyak mendayagunakan bahan pangan lokal, untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor, harapan dari Ka. Prodi Teknologi Pangan Unimus Dr. Nurhidajah, M.Si, yang selalu mendorong mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi.

Modul Keperawatan Jiwa

Silkan download pada link di bawah ini

1. TERAPI KELOMPOK SUPORTIF PADA KLIEN TBC

2. TERAPI THOUGHT STOPPING Penghentian Pikiran

Materi Seminar Manajemen Nyeri

Materi

Ns. Sri Widodo,S.Kep,M.Sc.

Prof. Dra. Setyowati, S.Kp, M.App.Sc, PHD

Ns. Elly Subekti, S.Kep, Sp.Onk.

Ns. M. Fatkhul Mubin, M.Kep, Sp.Kep.J

Mahasiswa Fikkes Unimus Ikuti Capping Day dan Kuliah Umum

 

Prosesi ucap janji mahasiswa
Prosesi ucap janji mahasiswa

Semarang │(12/4/2017) Sejumlah 248 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang terdiri dari 123 mahasiswa D III keperawatan, 93 mahasiswa S1 keperawatan dan 32 mahasiswa D III kebidanan mengikuti kegiatan Capping Day (Ucap janji) dan kuliah umum dengan tema “Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan menjaga keamanan pasien dan tenaga kesehatan yang beretika”. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd), Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Dr. Budi Santosa., M.Si.Med), Ketua dan Sekretaris Program Studi di Fikkes Unimus, dan undangan dari perwakilan PPNI, Ketua IBI Jawa Tengah, perwakilan dari RS di Kota Samaran serta orang tua mahasiswa. Rektor Unimus dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ucap janji menjadi langkah awal mahasiswa untuk terjun langsung di masyarakat. “Saat praktek di klinik nanti mahasiswa akan berhadapan langsung dengan masyarakat, jangan lupa ketika bertugas jangan meninggalkan nilai keislaman dan keagamaan” papar Rektor.

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan
Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan

Dalam kegiatan Capping day dilakukan prosesi ucap janji, mahasiswa membacakan janji yang berisi kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditepati oleh mahasiswa dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan penutup kepala / cap (bagi mahasiswa perempuan) dan pemasangan pin secara simbolis oleh ketua program studi. Kegiatan prosesi ucap janji di lanjutkan dengan kuliah umum dengan topik “keselamatan pasien” disampaikan oleh Ns. Nur Hasyim Auladi., S.Kep dari RSUP Dr. Kariadi Semarang. Dalam kuliahnya beliau menyampaikan bahwa pemberi pelayanan kesehatan dituntut untuk memahami tentang keselamatan pasien dalam memberikan layanan kepada pasien. Topik kedua tentang disampaikan oleh Dr. Tri Hartiti., SKM., M.Kes dosen sekaligus wakil Dekan I Fikkes Unimus yang memberikan materi tentang pentingnya soft skill bagi perawat dan bidan dalam memberikan pelayanan pada pasien dan masyarakat. Mahasiswa antusias dan interest dengan materi yang disampaikan karena memberikan gambaran langsung tentang standar keselamatan pasien dan bagaimana soft skill tenaga kesehatan yang baik.

Kegiatan ucap janji dan kuliah umum ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Program Studi Keperawatan dan Kebidanan dalam rangka menghantarkan mahasiswa memasuki lahan praktik. Capping day merupakan titik awal mahasiswa keperawatan dan kebidanan menapaki tahapan berikutnya praktik klinik di berbagai institusi kesehatan. Melalui kegiatan ini Unimus berharap kelak dapat mencetak perawat dan bidan profesional yang unggul dalam keilmuan, ketrampilan dan keislaman.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler.

Materi Kuliah Umum

Berikut materi Kuliah Umum Dr. tri hartiti, SKM, M.Kes dan Nur Hasyim Auladi, S.Kep.Ns