Category Archives: Uncategorised

Mahasiswa Teknologi Pangan Fikkes Unimus Borong Juara Lomba Kreativitas Teknologi Pangan

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri menyerahkan piala pada juara 1 tim mahasiwa Teknologi Pangan Unimus

Grobogan │(17/05/2017) “Cipta Tepung Komposit Berbasis Bahan Lokal Menju Usaha Kreatif 2017”, menjadi tema dalam lomba kreativtas teknologi pangan tingkat pelajar dan mahasiswa se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Techno Park Pangan Grobogan Pusat Teknologi Agroindustri Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta. Lomba di selenggarakan di Pendopo Kabupaten Grobogan.

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri Dr. Hardaning Pranamuda, M.Sc, menyatakan lomba bertujuan untuk menggali kreativitas dan inovasi pelajar dan mahasiswa dalam bidang teknologi pangan dengan menciptakan produk tepung komposit berbasis bahan lokal. Jagung, singkong, kedelai dan garut menjadi bahan utama yang dipersyaratkan dalam lomba tersebut, bahan-bahan tersebut menjadi unggulan Kabupaten Grobogan. Diharapkan inovasi tersebut dapat meningkatkan mutu tepung dengan karkteristik sensori yang tinggi, bernilai ekonomi sehingga mampu bersaing di pasar.

Lomba diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari 6 Universitas (UNIMUS, UNIKA, PGRI SEMARANG, USM, UNDIP, UNSOED)  dan 2 SMK (SMK Kimia Industri Theresiana dan SMK Widya Praja Ungaran).  Lomba terdiri dari 2 tahap, yaitu seleksi proposal karya cipta, dan final lomba. Final lomba diselenggarakan dengan penilaian langsung terhadap roduk karya cipta yang didemonstrasikan pengolahannya di arena lomba. Kreasi tepung bakery dipilih oleh mahasiswa Teknologi Pangan Unimus, untuk dipersiapkan dalam perlombaan.

Kerja keras 2 tim Prodi Teknologi Pangan Unimus tidak sia-sia.  Tim pertama yang beranggotakan Iis Istiqomah dan Indah Tri Minarni dengan pembimbing Siti Aminah, S.TP, M.Si mengangkat produk CHOCOLANG (singkatan dari Chocochips Pelangi), sedang tim kedua beranggotakan Irma Fitriana Ardi K dan Mita Aprilia Arrofi dengan pembimbing Ir. Wikanastri Hersoelistyorini M.T. mengangkat produk GARKIES (garut cookies). Kriteria Penilaian pada lomba yaitu penilaian proposal khusus mahasiswa dititikberatkan aspek ilmiah (karakteristik sifat fisio kimia produk dan penentuan mutu), aspek kreativitas, aspek ekonomis, aplikatif dan memenuhi penulisan proposal.

 

Produk “CHOCOLANG” , membuat para juri “kesengsem” dengan lembutnya tekstur cookies dan paduan rasa yang  pas, sehingga mendapatkan juara 1, sedang produk GARKIES yang  sangat krispi mendapatkan juara harapan 3.  Masing-masing pemenang mendapatkan piala, dan uang Rp. 5.000.000 (juara 1), uang Rp 1.500.000 (juara harapan 3) serta produk dari Techno Part.  Iis Istiqomah dan Irma Fitriana yakin produk ini  berpeluang besar untuk dikembangkan menjadi  produk lokal yang bernilai ekonomi tinggi dan diminati oleh masyaakat. Evaluasi gizi serta karakteristik sensori yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang  baik, bernilai jual dan diminati oleh masyarakat. Produk kreasi mahasiswa diharapkan dapat  memaksimalkan potensi sumber daya alam dan dapat dijadikan icon produk daerah Kabupaten Grobogan, ungkap panitia lomba pada saat pengumuman pemenang.

 

Karya inovatif ini akan diikuti oleh karya-karya inovatif lain yang tidak kalah menarik oleh mahasiswa-mahasiwa lain dari Prodi Teknologi Pangan, sehingga dapat lebih banyak mendayagunakan bahan pangan lokal, untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor, harapan dari Ka. Prodi Teknologi Pangan Unimus Dr. Nurhidajah, M.Si, yang selalu mendorong mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi.

Modul Keperawatan Jiwa

Silkan download pada link di bawah ini

1. TERAPI KELOMPOK SUPORTIF PADA KLIEN TBC

2. TERAPI THOUGHT STOPPING Penghentian Pikiran

Materi Seminar Manajemen Nyeri

Materi

Ns. Sri Widodo,S.Kep,M.Sc.

Prof. Dra. Setyowati, S.Kp, M.App.Sc, PHD

Ns. Elly Subekti, S.Kep, Sp.Onk.

Ns. M. Fatkhul Mubin, M.Kep, Sp.Kep.J

Mahasiswa Fikkes Unimus Ikuti Capping Day dan Kuliah Umum

 

Prosesi ucap janji mahasiswa
Prosesi ucap janji mahasiswa

Semarang │(12/4/2017) Sejumlah 248 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang terdiri dari 123 mahasiswa D III keperawatan, 93 mahasiswa S1 keperawatan dan 32 mahasiswa D III kebidanan mengikuti kegiatan Capping Day (Ucap janji) dan kuliah umum dengan tema “Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan menjaga keamanan pasien dan tenaga kesehatan yang beretika”. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd), Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Dr. Budi Santosa., M.Si.Med), Ketua dan Sekretaris Program Studi di Fikkes Unimus, dan undangan dari perwakilan PPNI, Ketua IBI Jawa Tengah, perwakilan dari RS di Kota Samaran serta orang tua mahasiswa. Rektor Unimus dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ucap janji menjadi langkah awal mahasiswa untuk terjun langsung di masyarakat. “Saat praktek di klinik nanti mahasiswa akan berhadapan langsung dengan masyarakat, jangan lupa ketika bertugas jangan meninggalkan nilai keislaman dan keagamaan” papar Rektor.

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan
Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd memberikan sambutan

Dalam kegiatan Capping day dilakukan prosesi ucap janji, mahasiswa membacakan janji yang berisi kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditepati oleh mahasiswa dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan penutup kepala / cap (bagi mahasiswa perempuan) dan pemasangan pin secara simbolis oleh ketua program studi. Kegiatan prosesi ucap janji di lanjutkan dengan kuliah umum dengan topik “keselamatan pasien” disampaikan oleh Ns. Nur Hasyim Auladi., S.Kep dari RSUP Dr. Kariadi Semarang. Dalam kuliahnya beliau menyampaikan bahwa pemberi pelayanan kesehatan dituntut untuk memahami tentang keselamatan pasien dalam memberikan layanan kepada pasien. Topik kedua tentang disampaikan oleh Dr. Tri Hartiti., SKM., M.Kes dosen sekaligus wakil Dekan I Fikkes Unimus yang memberikan materi tentang pentingnya soft skill bagi perawat dan bidan dalam memberikan pelayanan pada pasien dan masyarakat. Mahasiswa antusias dan interest dengan materi yang disampaikan karena memberikan gambaran langsung tentang standar keselamatan pasien dan bagaimana soft skill tenaga kesehatan yang baik.

Kegiatan ucap janji dan kuliah umum ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Program Studi Keperawatan dan Kebidanan dalam rangka menghantarkan mahasiswa memasuki lahan praktik. Capping day merupakan titik awal mahasiswa keperawatan dan kebidanan menapaki tahapan berikutnya praktik klinik di berbagai institusi kesehatan. Melalui kegiatan ini Unimus berharap kelak dapat mencetak perawat dan bidan profesional yang unggul dalam keilmuan, ketrampilan dan keislaman.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler.

Materi Kuliah Umum

Berikut materi Kuliah Umum Dr. tri hartiti, SKM, M.Kes dan Nur Hasyim Auladi, S.Kep.Ns

Materi Workshop Manajemen Pengelolaan Jurnal dan Pelatihan Penggunaan OJS

Berikut materi workshop dapat didownload disini

PELANTIKAN DEKAN DI LINGKUNGAN UNIMUS PERIODE 2016-2020

Penandatanganan berita acara pelantikan Dekan

SEMARANG | (Rabu/080616) Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) didampingi KetuaBadan Pembina Harian (H. Widadi, SH.) dengan disaksikan oleh para wakil rektor dan pejabat di lingkungan Unimus, melantik delapan Dekan di lingkungan Unimus masa jabatan 2016-2020. Kedelapan Dekan yang dilantik sebelumnya telah melewati proses seleksi dan pemilihan di lingkungan Fakultas masing-masing. Continue reading PELANTIKAN DEKAN DI LINGKUNGAN UNIMUS PERIODE 2016-2020