Unimus dan Aisyiyah Kota Semarang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan pada 2000 Anak KB dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan perkembangan anak. Salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam tahap ini adalah Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak (TK).

Kesehatan anak menjadi fokus utama di Kelompok Bermain dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Adalah suatu kebijakan yang bijaksana untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan secara berkala, sebagai upaya preventif dan deteksi dini masalah kesehatan pada anak-anak. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan anak-anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan optimal dan mendukung tumbuh kembang mereka.

Kesehatan anak usia dini ditentukan oleh asupan gizi dan perilaku gaya hidup anak. Ketika anak sudah mulai sekolah, maka yang pegang peran penting adalah orang tua dan guru-guru di sekolah. Selain itu juga perlu adanya pemeriksaan kesehatan yang rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan anak

Menanggapi hal positif tersebut Prodi Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES), Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) bersama Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Semarang melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap semester kepada seluruh Anak KB dan TK ABA di Kota Semarang.

Tim pemeriksaan terdiri dari dokter, dokter gigi dan juga ahli gizi. Pemeriksaan dilaksanakan selama bulan Oktober sampai November 2023. Anak – anak yang diperiksa mendapatkan buku hasil periksa yang bisa disampaikan ke orang tua.

Turut hadir pada acara pembukaan pemeriksaan kesehatan anak-anak TK ’Aisyiyah Bustanul Athfal dan Kemlompok Bermain; Dekan FKG Unimus Dr. drg. Risyandi Anwar, Sp.KGA., beserta jajarannya, dr Nina Anggraini M.Kes dari fak Kedokteran, beserta jajaranya dan ibu Yuliana Noor Setiyoeati Ulvie Sgz. M.Sc dari prodi gizi beserta jajarannya,

ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota semarang Ibu Aminah Kurniasih S.Pd.M.Pd.,beserta jajarannya, wakil Ketua 2 Pimpinan Cabang Banyumanik, Ibu Widyastuti Renaningsih S.H., beserta jajaranya, serta wakil ketua PDA yang membidangi kesehatan ibu Ir. Purwanti Susantini M.Kes., wakil ketua PDA yang membidangi Paud Dasmen, Dra. Sri Minangwati M.Pd. serta ketua IGABA Kota Semarang ibu Suastri S.Pd.

Pemeriksaan pertama kali dilaksanakan pada hari Selasa, 02 Oktober 2023 di KB Aisyiyah Banyumanik dan TK ABA 44. Acara pembukaan dihadiri oleh ketua PDA kota Semarang, Dekan dari FK, FKG dan FIKKES, serta tim pemeriksa. Sebanyak 158 anak telah diperiksa, dengan baik tanpa rasa takut. “Saya sangat senang, anak – anak bisa diperiksa lengkap, termasuk pemeriksaan mata” begitu ungkap Ibu Sri Hartini, sebagai Kepala Sekolah TK ABA 44.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pemeriksaan kesehatan rutin, peningkatkan kesehatan anak, peningkatan kesadaran guru dan orang tua siswa-siswi dalam berperilaku hidup sehat.

Adapun kegiatan periksaan kesehatan adalah pemeriksaan kesehatan oleh dokter umum, pemeriksaan kesehatan gigi oleh dokter gigi, pengukuran status gizi dan asupan makan oleh ahli gizi dan pemberian vitamin dan hasil pemeriksaan. Setiap anak yang diperiksa mendapat 1 buku kesehatan. Apabia ada yang dirasa perlu adanya tindakan lebih lanjut maka akan diberi rujukan.

Scroll to Top