Unimus Fasilitasi Kegiatan Workshop Strategi Pencapaian Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul Bekejasama Dengan Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik PTS  LLDIKTI  Wilayah Vi  Jawa Tengah

Semarang | Meraih akreditasi unggul tentunya harus menjadi mindsite yang dimiliki oleh semua perguruan tinggi, terutama pada perguruan tinggi swasta. Dan jika berbicara tentang pencapaian akreditasi perguruan tinggi unggul, tentu menjadi prioritas utama yang harus diagendakan oleh Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik (PPBA) Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jwa Tengah. Hal tersebut sesuai dengan komitmen awal yang dibangun untuk mempercepat peningkatan mutu akademik pada setiap perguruan tinggi swasta di tingkat LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah.

Sehingga untuk mempercepat peningkatan akreditasi perguruan tinggi tersebut diperlukan langkah – langkah strategis dalam pencapaiannya. maka dari itu bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) PPBA mengelar workshop Strategi Pencapaian Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul, Kamis (25/5/2023) bertempat di Aula lantai 8 Gedung Kuliah Bersama (GKB) II Unimus. Kegiatan dihadiri oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) Wakil Rektor 1 (Dr. Budi Santosa, M.Si., med.) beserta jajaran Pimpinan dan  dekan di lingkungan Unimus. Mengundang sebagai narasumber Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc (Ketua Dewan Eksekutif BAN-PT) dan Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H (Kepala LLDIKTI VI Jawa Tengah) kegiatan workshop diikuti oleh 143 peserta dari Universitas dan Sekolah Tinggi di Jawa Tengah baik Pimpinan Rektor, Direktur maupun Bidang akademik.

“Acara ini sangat strategis karena menghadirkan langsung dewan eksekutif dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof. Ari Purbayanto” Ujar Prof. Masrukhi memberikan sambutannya. “Akreditasi merupakan ukuran parameter kualitas bagi Pendidikan khususnya bagi Pendidikan tinggi, sehingga semua kegiatan dengan aspek tri dharma perguruan tinggi di arahkan pada pemenuhan kualitas seperti yang diinstrumentasikan oleh Akreditasi” tambahnya. Harapannya dengan adanya kegiatan workshop ini bisa memberikan motifasi bagi semua perguruan tinggi swasta untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan dengan cara peningkatan derajat akreditasi.

Sementara itu kepala LLDIKTI Wilayah VI (Bimo) menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan hari ini akan membahas tentang peningkatan mutu Pendidikan perguruan tinggi khususnya di Jawa Tengah. LLDIKTI akan nejabarkan kebijakan – kebijakan terapid untuk target peningkatan mutu, tentunya dengan didasari beberapa point penting yang harus diperhatikan diantaranya kinerja perguruan tinggi yang berkaitan dengan IKU yang harus dicapai.  sehingga hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian fasilitas kemetrian seperti bantuan KIP dan Program MBKM yang nantinya harus dilakukan oleh perguruan tinggi untuk mencapai visis – misi yang ditagertkan.

Selain itu program – program yang dicanangkan oleh LLDIKTI VI bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi mencapai tujuan dengan adanya pendampingan, konsultasi, percepatan java, sehingga dengan harapan bisa mencapai target kinerja yang terbaik untuk Jawa Tengah. Bimo juga menegaskan bagi seluruh perguruan tinggi swasta di jawa tengah untuk memperhatikan  budaya mutu agar bisa berjalan dengan baik dan bisa mengejar target yang sudah ditentukan oleh masing – masing perguruan tinggi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Harapannya melalui kegiatan workshop ini bisa meningkatkan awareness atau kesadaran bagi perguruan tinggi untuk selalu meningkatkan diri pada akreditasi institusi.

Scroll to Top