Pengabdian Masyarakat Interprofessional Education (IPE) Prodi Gizi, Prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi Unimus

Semarang_Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Program Studi Gizi, Prodi Kedokteran Umum dan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) berkolaborasi mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis Interprofessional Education (IPE). Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah kelurahan Sendangmulyo kota Semarang bekerja sama dengan Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) Sendangmulyo kota Semarang.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan skrining keluarga binaan kemudian keluarga yang terpilih akan dilakukan pendampingan. Kegiatan pendampingan dilakukan selama 1 bulan meliputi pendampingan status gizi,riwayat konsumsi makanan, kesehatan umum dan kesehatan gigi pada tingkat keluarga.

Puncak acara pengabmas yaitu pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Oktober 2023 bertempat di Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Bapak Dr. Hardiwonoto, Wakil Dekan 1 FIKKES bapak Dr. Fatkhul Mubin, Para dosen, mahasiswa dan perangkat kelurahan sendangmulyo. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 2 mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Puncak pengabdian Mayarakat meliputi kegiatan penyuluhan tentang kesehatan, pemeriksaan status gizi, pemeriksaan kesehatan umum, cek darah seperti glukosa darah, asam urat, kolesterol, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kesehatan gizi. Peserta merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pengabmas ini.

Scroll to Top